7 Langkah Mudah Menulis Buku untuk Pemula

Mudah Menulis Buku untuk Pemula
Sumber: Pixabay/Firmbee

Setiap orang bisa menulis buku. Namun, setiap penulis sebaiknya memperhatikan kualitas buku tersebut agar dapat memberi manfaat bagi para pembaca. Oleh karena itu, menulis buku untuk pemula membutuhkan persiapan yang matang.

Menulis buku untuk pemula memerlukan usaha yang sungguh-sungguh. Ada proses panjang yang harus diikuti agar bisa menghasilkan buku berkualitas. Selama mempunyai niat yang kuat dan dapat menulis sesuai tahapannya, maka sebuah buku akan tercipta.

Ada banyak tantangan yang dihadapi saat menulis buku untuk pemula. Namun, semua itu dapat diatasi ketika sudah mengetahui setiap tahapan menulis yang baik dan benar.

Berikut adalah 7 langkah mudah menulis buku untuk pemula yang bisa Anda lakukan.

Memilih Ide
Langkah pertama yang wajib dilakukan saat menulis buku untuk pemula adalah menentukan ide. Setiap orang akan memiliki banyak ide untuk dituangkan dalam tulisan. Sebaiknya, pilihlah ide tulisan yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, seorang guru dapat menulis tentang kesehariannya mengajar di sekolah, latihan soal sesuai mata pelajaran, bimbingan dan konseling siswa, serta lain sebagainya.

Anda juga dapat memilih ide tentang hobi, perjalanan, keahlian, atau pengalaman lainnya. Kunci menulis buku untuk pemula saat memilih ide adalah harus memahami topik yang akan ditulis. Sehingga pada saat menulis akan lebih mengalir dan tujuan dari menulis akan tercapai.

Menyiapkan Kerangka Tulisan
Langkah kedua saat menulis buku untuk pemula adalah membuat kerangka tulisan atau outline. Ketika sudah menentukan ide, maka poin-poin yang akan ditulis dapat dicantumkan dalam kerangka tulisan. Penulis dapat menyusun kembali bagian-bagian yang akan dituliskan dalam buku dengan lebih terperinci dan terstruktur.

Outline juga berfungsi agar penulis dapat fokus terhadap ide tulisan yang sudah dipilih. Bahkan, saat terjadi kemacetan saat menulis, outline akan sangat membantu untuk mengingat kembali apa yang akan dituangkan dalam naskah. Secara keseluruhan, kerangka tulisan akan membuat kerja penulis semakin efektif, efisien, dan sistematis.

Mencari Referensi
Sebuah buku akan memiliki kualitas baik ketika menghadirkan fakta-fakta yang akurat. Maka langkah ketiga saat menulis buku untuk pemula adalah mencari sumber referensi. Buku referensi akan menjadi pendukung untuk ide tulisan yang sudah dipilih.

Oleh karena itu, penulis juga harus melakukan riset dengan cara membaca buku atau tulisan-tulisan di internet yang related dengan ide pilihannya. Tidak hanya dengan membaca, penulis juga dapat mendapatkan referensi dari hasil penelitian, pengamatan, wawancara, diskusi atau hal lain untuk mendapatkan data yang valid.

Membuat Timeline
Target waktu adalah hal wajib yang harus dilakukan saat menulis untuk pemula. Membuat timeline dengan detil akan membantu tercapainya target menulis buku. Menentukan timeline juga membutuhkan strategi khusus, salah satunya adalah dengan membuat jadwal tetap untuk serius menulis.

Penulis akan dapat menyelesaikan naskahnya dengan cepat ketika menerapkan disiplin. Meluangkan waktu khusus untuk menulis akan membantunya fokus. Dengan demikian waktunya akan semakin berkualitas karena dapat menulis dengan maksimal.

Mulai Menulis
Setelah kerangka tulisan dan timeline disusun, maka langkah selanjutnya adalah mulai menulis. Beberapa orang mungkin merasa bingung saat akan memulainya. Anda dapat mulai menulis apa yang ada dalam pikiran. Tuangkan saja semua ide secara bertahap dengan cara mengembangkan poin-poin yang terdapat dalam outline.

Melakukan Perbaikan
Langkah terakhir yang dapat dilakukan saat menulis buku untuk pemula adalah melakukan perbaikan. Setelah naskah selesai, penulis dapat membaca ulang tulisannya. Anda juga dapat meminta orang lain untuk membaca naskah kemudian memberi masukan.

Penulis dapat memperbaiki jika ada kesalahan dan menambahkan jika ada yang kurang. Namun, sebaiknya revisi tidak membuat naskah Anda ‘mentah’ kembali. Revisi fokus dilakukan terhadap hal-hal yang salah dan kurang saja tanpa harus mempengaruhi outline yang sudah disusun.

Menerbitkan Buku
Setiap penulis tentu ingin menerbitkan naskahnya menjadi buku. Bangunlah percaya diri dan keyakinan bahwa tulisan yang dibuat akan memberi manfaat bagi para pembaca.

JA Publishing adalah salah satu penerbit indie yang dapat membantu proses menerbitkan berbagai jenis buku. Penulis pemula juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi dan pendampingan agar lebih yakin lagi dengan karyanya untuk diterbitkan.

Itulah 7 langkah mudah menulis untuk bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar