9 Cara Mudah Mencari Ide Tulisan yang Menarik

Cara Mudah Mencari Ide Tulisan
Sumber: Pixabay/ Fathromy Ramdlon

Bagi beberapa orang, mencari ide tulisan sering dianggap sebagai sesuatu yang menyulitkan. Ada yang memiliki banyak ide, sehingga bingung untuk memilih. Namun, ada juga yang tidak bisa mendapatkan ide untuk menulis.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang kesulitan mencari ide tulisan. Salah satunya adalah kecemasan jika idenya tidak menarik. Padahal, semua ide bisa menjadi menarik jika dapat mengolahnya sehingga menjadi sesuatu yang unik.

Seorang penulis memiliki banyak cara untuk mencari ide tulisan. Jika Anda tertarik untuk menjadi penulis, ada baiknya menyimak cara di bawah ini.

Banyak Membaca

Menulis dan membaca adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Membaca buku fisik atau tulisan lain melalui internet dapat memberi inspirasi. Mencari ide tulisan dengan kegiatan membaca dapat dimulai dengan memilih bahan bacaan yang disukai. Selain lebih antusias, biasanya akan lebih cepat mendapatkan ide yang dapat dituangkan dalam tulisan.

Mengingat Pengalaman

Mencari ide tulisan berdasarkan pengalaman juga merupakan sesuatu yang bisa dilakukan. Entah itu pengalaman pribadi, keluarga, atau teman. Ada banyak pengalaman yang bisa dijadikan inspirasi menulis. Setiap orang pasti memiliki pengalaman yang menarik, unik, dan otentik. Hal ini dapat membuat proses menulis menjadi lebih mudah.

Menceritakan Aktivitas

Setiap profesi atau aktivitas seseorang, pasti memiliki hal menarik yang bisa dijadikan ide tulisan. Ketika seseorang memiliki profesi sebagai penjual, dia bisa menjadikan rutinitasnya berniaga sebagai ide tulisan.

Nonton Film

Alur cerita sebuah film akan sangat menarik untuk dijadikan ide tulisan. Jika Anda termasuk penggemar film, tentu dapat melihat sisi yang menarik dari setiap film. Ambilah sisi unik dari setiap film ketika mencari ide tulisan. Ini akan membuat keaslian ide tetap terjaga walau inspirasinya didapat dari film tersebut.

Mendengarkan Musik

Anda dapat mendengarkan musik untuk mencari ide tulisanMelalui penghayatan nada dan lirik dalam sebuah lagu, ada banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi. Cobalah memilih lagu yang disukai dan membangkitkan semangat, sehingga  akan menumbuhkan imajinasi dan kreatifitas saat membuat sebuah tulisan.

Bertemu dengan Orang Lain

Bersosialisasi adalah sebuah kebutuhan bagi manusia. Bertemu dengan orang lain dapat membuat pikiran menjadi terbuka. Berbincang dengan keluarga, kawan atau kerabat bisa menjadi salah satu solusi saat mencari ide tulisan. Dari pengalaman dan aktivitas yang dilakukan orang lain aka nada hal menarik untuk dijadikan bahan tulisan.

Travelling

Setiap perjalanan selalu menyimpan kenangan.’ Ya, itulah yang biasa diselorohkan banyak orang. Namun ada benarnya juga, ketika melakukan perjalanan ada banyak hal yang dijadikan inspirasi menulis. Mulai dari persiapan, melakukan perjalanan, beraktivitas di tempat tujuan, hingga pulang ke rumah adalah hal menarik yang bisa diambil ketika mencari ide tulisan.

Menceritakan Hobi

Hobi juga dapat menjadi sumber ide. Biasanya, orang akan lebih memahami tentang hobi yang dilakukannya. Misal, ketika seseorang gemar berkebun, tentu ada banyak hal yang bisa dijadikan bahan tulisan. Mulai dari cara menanam, tips berkebun, cara memilih bibit tanaman atau hal lainnya.

Membuka Media Sosial

Zaman serba online seperti sekarang, semua orang telah terjun di dunia media sosial. Bagi seorang penulis, berjalanjalan di media sosial adalah sebuah cara untuk mencari ide tulisan. Anda bisa mengamati konten yang berseliweran di media sosial lalu menjadikannya sebagai bahan untuk menulis.

Itulah beberapa cara untuk mencari ide tulisan yang menarik. Temukan cara yang paling mudah dan membuat semangat menulis Anda terjaga. Selamat menemukan ide untuk menulis!

Tinggalkan komentar