6 Langkah Efektif Membuat Outline

Langkah Efektif Membuat Outline
Sumber: Koleksi JA Publishing

Outline merupakan kerangka tulisan yang banyak digunakan penulis untuk dijadikan sebagai bahan acuan. Seorang penulis, fiksi atau nonfiksi, akan membuat outline untuk memudahkannya ketika menuangkan ide dengan lebih terstruktur dan sistematis.

Secara umum, outline merupakan kerangka tulisan yang menuangkan ide utama dan pendukung dari sebuah tema. Outline akan menjelaskan tentang isi naskah yang akan dibuat secara garis besar. Namun, satu hal yang harus diingat bahwa membuat outline tidak sama dengan daftar isi. Outline dapat diisi dengan topik utama dan pendukung dengan lebih terperinci.

Manfaat Membuat Outline

Bagi beberapa penulis, apalagi yang pemula, sering kehabisan ide pada saat menulis. Tidak jarang pula, penulis bingung dengan ide yang akan dituliskan lebih dulu. Ketika penulis membuat outline, maka akan memperoleh beberapa manfaat.

  1. Outline akan membantu ide-ide yang dimilikinya tertuang dengan lebih jelas dan terstruktur.
  2. Outline akan membuat penulis mengetahui setiap bagian yang harus dikembangkan. Hal ini akan mempercepat kerja penulis untuk menyelesaikan naskahnya.
  3. Outline akan membuat penulis lebih fokus. Setiap bagian akan diselesaikan satu demi satu, tidak melebar ke mana-mana, sehingga hasil tulisannya akan lebih maksimal.
  4. Penulis akan lebih mudah mengembangkan idenya ketika membuat outline terlebih dahulu.
  5. Membuat outline juga akan membuat penulis lebih mudah mencari data pendukung.
  6. Tidak mustahil seorang penulis akan melakukan pengulangan topik bahasan. Maka dari itu, membuat outline akan menghindari hadirnya tulisan ganda yang menyebabkan naskah menjadi kurang berkualitas.

Langkah Efektif Membuat Outline

Untuk membuat outline, Anda dapat melakukan langkah-langkah efektif berikut ini.

  1. Menentukan Tema Besar

Tema dapat dijadikan pokok permasalahan yang akan diangkat dalam sebuah naskah. Tema akan membuat Anda mengetahui dengan jelas tujuan menulis. Tema juga dapat dijadikan acuan agar penulis dapat fokus dengan topik bahasan secara lebih spesifik. Pilihlah tema yang dikuasai, dekat dengan keseharian penulis, dan mudah mendapatkan data atau sumber pendukungnya.

  1. Menentukan Judul

Judul akan menjadi identitas tulisan. Saat membuat outline, judul akan membuat arah yang jelas pada penulis untuk fokus dengan ide tulisannya.

  1. Mencari Bahan Pendukung

Setelah menentukan tema dan judul, langkah selanjutnya adalah mencari bahan pendukung. Anda dapat mencari buku, film, musik, atau literatur lainnya yang dapat menjadi tambahan data untuk tulisan yang dibuat. Pilihlah bahan pendukung yang benar-benar related dengan tulisan yang akan dibuat.

  1. Membuat Outline

Pada saat membuat outline, tentukanlah poin-poin utama yang akan menjadi pokok bahasan dalam naskah. Buatlah secara sistematis, sehingga outline akan lebih mudah untuk dikembangkan.

  1. Masukan Poin-poin Pendukung

Setelah menentukan poin utama, langkah selanjutnya untuk membuat outline adalah memasukan poin pendukung. Hal ini bertujuan agar outline yang dibuat lebih berkualitas.

  1. Melakukan Revisi

Setelah Anda membuat outline, langkah selanjutnya adalah revisi. Periksa kembali setiap poin yang telah dicantumkan dalam outline. Anda bisa menambah atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan. Walau outline bisa diubah, tetapi perhatikan juga target waktu menulis, sehingga revisi outline tidak usah dilakukan berulang kali. Hal itu hanya akan membuat naskah Anda tidak selesai dengan cepat.

Beberapa orang akan merasa kesulitan, bingung bahkan malas saat membuat outline. Namun, membuat outline akan memberi banyak kemudahan. Beberapa penulis hebat seperti JK Rowling, Agatha Christie, Dee Lestari, Helvy Tiana Rosa juga membuat outline sebelum membuat karya tulis. Jika Anda sudah terbiasa membuat outline, tentu akan merasakan dampak positifnya.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi penulis hebat? Mungkin Anda bisa ikuti 6 langkah efektif membuat outline versi JA Publishing. Selamat mencoba!

 

 

Tinggalkan komentar