4 Jenis Penerbitan yang Wajib DiKetahui oleh Penulis

Jenis Penerbitan yang Wajib Diketahui oleh Penulis
Sumber: Pixabay/Luisella Planeta Leoni

Tidak semua penulis mengetahui tentang jenis penerbitan yang ada di Indonesia. Padahal, saat ini telah ada beberapa jenis penerbitan yang dapat dipilih oleh penulis. Mereka tinggal memahami alur penerbitan dan menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi. Setiap jenis penerbitan tentu mempunyai kriteria yang berbeda.

Apakah Perbedaan Percetakan dan Penerbitan?

Namun, sebelum mengenal keempat jenis penerbitan, ada baiknya mengetahui dulu perbedaan antara percetakan dan penerbitan. Banyak orang masih menyamakan arti antara percetakan dan penerbitan. Padahal, aktivitas di keduanya berbeda.

Percetakan fokus pada kegiatan mencetak atau memperbanyak naskah buku. Sebuah percetakan hanya mengurusi tentang fisik buku dari awal hingga dikirim ke pemesan (penulis atau penerbit).

Sedangkan penerbitan adalah aktivitas menyeluruh dari proses penerbitan buku. Mulai dari menyiapkan naskah, penyuntingan, layout, pembuatan cover, mengurus ISBN dan semua kegiatan yang membuat sebuah buku dapat terbit. Penerbitan juga bertanggung jawab secara penuh terhadap konten buku yang siap dicetak.

Dalam kegiatannya, sebuah penerbitan bisa saja memiliki mesin pencetak sendiri. Sehingga dia juga berperan sebagai percetakan. Namun, ketika dia tidak mempunyai sarana dan prasarana yang mendukung, maka dapat bekerja sama dengan percetakan.

Jenis -jenis Penerbitan

Secara umum, terdapat empat jenis penerbitan yang wajib penulis ketahui, yaitu:
1. Penerbit Mayor
Jenis penerbitan ini sering diincar oleh para penulis. Penerbit mayor mempunyai pangsa pasar yang luas. Buku-buku yang diterbitkan di penerbit mayor akan disebar ke seluruh Indonesia. Hal ini tentu memberi banyak keuntungan bagi para penulis. Selain bukunya berpeluang dikenal banyak orang, tentu saja akan berdampak pada komisi dari hasil penjualan.

Namun, penerbit mayor tentu memiliki tingkat seleksi yang lebih ketat. Jenis penerbitan ini akan memiliki kriteria yang wajib ditaati oleh para penulisnya. Jika salah satu poin tidak terpenuhi, maka naskah akan ditolak.

2. Penerbit Indie
Indie diambil dari kata independent yang artinya merdeka, mandiri, atau bebas. Penerbitan indie artinya penulis dapat menerbitkan bukunya sendiri dengan persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut dibuat untuk mengatur kelayakan naskah untuk siap cetak.

Penerbit indie memberi kebebasan pada penulis untuk membuat desain cover, layout, dan penyuntingan pada penulis. Jenis penerbitan ini juga memberikan keleluasaan pada penulis untuk mencetak bukunya sesuai dengan kemampuan. Artinya, penulis dapat mencetak buku dengan jumlah sedikit dengan sistem pre-order (sesuai banyaknya pemesanan).

3. Vanity Publisher
Jenis penerbitan ini tidak jauh berbeda dengan penerbit indie. Namun, vanity publisher biasanya akan menyediakan beberapa layanan yang dapat dipilih oleh penulis. Misalnya, vanity publisher akan menyediakan paket penyuntingan, layout dan pembuatan cover untuk penulis yang hanya memiliki naskahnya saja.

4. Self Publsihing
Self publishing adalah jenis penerbitan yang benar-benar dilakukan mandiri oleh para penulis. Penerbit hanya menerima naskah yang sudah siap cetak. Para penulis harus memastikan dengan benar jika naskahnya sudah benar-benar layak cetak.Mulai dari penuntingan, pembuatan cover, hingga layout.

Para penulis pemula dapat memanfaatkan penerbitan indie, vanity publisher atau self publishing. Ketiga jenis penerbitan ini akan membantu naskah terbit dengan cepat. Anda tinggal menyesuaikan budget untuk dapat memilih paket layanan yang disediakan.

Namun, jangan berkecil hati juga untuk mencoba jenis penerbitan mayor. Ada banyak penulis pemula berhasil tembus penerbit mayor karena naskahnya memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Demikian empat jenis penerbitan yang wajib penulis ketahui. Jika Anda tertarik untuk menerbitkan buku, dapat memilih JA Publishing sebagai penerbitan yang tepat dan terpercaya. Silakan hubungi customer service untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Tinggalkan komentar