10 Langkah Mudah Self Publishing untuk Penulis Pemula

10 Langkah Mudah Self Publishing untuk Penulis Pemula
Sumber: Pixabay/Pexels

Beberapa penulis pemula merasa bingung ketika akan menerbitkan bukunya. Impian menerbitkan buku di penerbit mayor sering diurungkan karena kriteria yang dianggap sulit. Sebenarnya, menerbitkan buku dengan cara self publishing adalah solusi yang tepat.

Proses menerbitkan buku secara self publishing memberi keuntungan yang banyak. Para penulis memiliki keleluasaan untuk menentukan konsep buku miliknya. Pihak penerbit akan memberi kebebasan pada penulis untuk membuat cover, lay out, editing, bahkan menentukan harga jual.

Self publishing sering dilakukan oleh penulis pemula. Hal ini membantu mereka untuk memiliki portofolio. Ssetelah rekam jejak di dunia penulisan telah dimiliki, maka akan membuka peluang lain yang lebih baik.

Langkah Mudah Self Publishing untuk Penulis Pemula

Untuk dapat menerbitkan buku sendiri, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Menentukan Jenis Tulisan

Secara umum, terdapat dua jenis tulisan yaitu fiksi dan nonfiksi. Namun, kedua jenis tulisan tersebut memiliki banyak ragam lagi. Sebelum melakukan self publishing, sebaiknya penulis melakukan observasi tentang jenis tulisan yang memiliki peluang pembaca yang banyak. Perhatikan pula jenis tulisan yang paling dikuasai agar saat menulis naskah tidak menemukan kesulitan.

  1. Menentukan Target Baca

Target baca sangat penting untuk dipikirkan sejak awal. Buku yang ditulis harus memiliki sasaran pembaca yang tepat. Dengan demikian, buku yang nanti diterbitkan dapat tepat sasaran dan berdampak baik pada proses penjualan.

  1. Menyiapkan Dana Penerbitan

Self Publishing membutuhkan dana yang harus disiapkan sendiri oleh penulis. Biaya penerbitan dan percetakan akan dibebankan secara penuh pada penulis. Maka dari itu, penulis harus menyiapkannya secara khusus di awal agar proses penerbitan berjalan dengan lancar. Dana penerbitan ini dapat juga dikatakan sebagai modal awal bagi penulis.

  1. Menyiapkan Naskah

Bahan yang paling penting dalam self publishing adalah naskah. Penulis harus menyiapkan naskah dengan optimal agar kualitas buku pun maksimal sehingga dapat diterima oleh para pembaca.

  1. Melakukan Editing

Setelah naskah siap, maka lakukanlah penyuntingan. Anda dapat menggunakan jasa editor agar naskah menjadi lebih baik lagi. Proses editing akan membuat buku semakin rapi dan terstruktur.

  1. Membuat Lay Out

Penulis akan mengetik naskahnya dalam bentuk Ms Word. Langkah selanjutnya adalah mengubah pengaturan agar tampilannya berubah seperti halaman buku. Ini membutuhkan teknik khusus. Jika penulis tidak dapat melakukannya sendiri, maka dapat menggunakan jasa layouter agar hasilnya lebih baik dan sesuai dengan keinginan.

  1. Membuat Desain Cover

Cover merupakan bagian penting dari sebuah buku. Cover dapat dikatakan sebagai identitas buku yang akan ditampilkan kepada publik. Pembuatan cover dalam self publishing dapat dilakukan oleh penulis sendiri atau orang yang ahli dalam bidang desain grafis. Penulis dapat membuat cover yang mempresentasikan isi naskah dan mengundang ketertarikan para pembaca.

  1. Menentukan Spesifikasi Buku

Dalam self publishing, penulis harus menyiapkan naskah dengan spesifikasi buku yang sesuai standar penerbitan. Misalnya jumlah halaman, jenis huruf, spasi, margin, jenis kertas untuk dalam buku dan cover. Semua yang berhubungan dengan fisik buku harus dipersiapkan dengan matang agar hasil cetaknya berkualitas tinggi.

  1. Menentukan Harga Jual

Inilah keuntungan melakukan self publishing. Penulis dapat menentukan harga jual sendiri. Namun, penulis juga tidak boleh hanya mementingkan keuntungan saja. Penentuan harga harus mempertimbangkan kondisi pasar buku. Menentukan harga yang kompetitif akan berdampak pada penjualan buku.

  1. Promosi

Strategi penjualan harus dipikirkan oleh penulis agar bukunya dapat didistrubusikan dengan luas pada masyarakat. Ide-ide kreatif sangat dibutuhkan untuk menciptakan kondisi penjualan yang baik. Penulis dapat melakukan berbagai cara, misalnya dengan mengadakan bedah buku atau optimasi media sosial yang dimiliki.

Self publishing sangat membantu penulis pemula untuk mewujudkan mimpinya. Jika strategi yang disusun berhasil, maka akan berdampak pada kesuksesan bukunya.

Apakah Anda tertarik untuk self publishing? Silakan kontak customer service JA Publishing untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Tinggalkan komentar